Tutorial Website

Persiapan Membuat Website Sendiri Dalam Waktu yang Sangat Singkat

Apakah Anda mengnal dengan kata website ?, sederhananya ketika anda mengarungi dunia internet misalkan lagi browsing / buka google kemudian mencari sesuatu hal yang mungkin kita tidak terlalu bisa memahami bisa jadi terkait pembelajaran kuliah, seperti materi untuk kuliah, materi pelajaran SMA, bisa juga tips cara menyembuhkan sakit gigi dan banyak lagi lainnya, ketikan anda di tujukan oleh google terhadap satu tampilan deng link tertentu atau sering kali disebut domain dan disana terdapat tampilan terkai keyword yang dicari, jelas kita diarahkan ke sebuah website orang lain, mungkin anda sering membuka laman website. cuma ada sebagian yang menyadari atau juga ada yang masih awam terkait dunia internet, baiklah kita akan coba defenisi yang kongkrit terkait website.

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.[1] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.(sumber : wikipedia)

Persiapan untuk membuat sebuah webiste :

Ada dua cara yang sederhanya kita kenal, dalam mebuat webiste bisa dengan menggunakan yang gratisan atau juga yang berbayar. Kalau kepingin yang gratis anda bisa buat dengan menggunakan  Blogspot dan WordPress. Namun ada juga dengan berbayar, tentunya anda harus mengeluarkan bajed untuk menyewa hosting dan domain. oke apalagi itu Hosting dan domain ?

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. (Sumber : sech google)

Lalu dimana kita bisa menyewa hosting, terkait hosting ini terserah anda untuk biaya sewanya bisa disesuaikan dengan kemampuan financial anda. Kalau anda ingin menyewa hosing murah dan berkualitas bisa kesini : Disini

Lanjut, terkait domain anda juga bisa sewa juga minimal waktu sewa adalah 1 tahun, namun apa itu domain?

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.


Jadi domain adalah identitas anda di Internet
Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer di internet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 203.30.236.154. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang. untuk sewa domain anda bisa kesini : Disini

Oke jadi hal tersebut haru anda persiapan dulu, sebelum lanjut tahap teknik bagaimana proses pembuatan webiste.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close
%d bloggers like this: