ArtikelIntagram Artikel

Cara Memaksimalkan Akun Instagram Untuk Berjualan

Berjualan di Intagram

Biasa nya sangat konvensional sagala bentuk transaksi dizaman dulu dan masih ada juga saat ini yang melakukan penjualan barang dan lain sebagainya dengan membuka toko, sehingga calon konsumen ketika membeli barang yang diinginkan harus datang langsung ketoko, sesuai alamatnya…!. Lantas bagaimana pemanfaatkan sosial media sebagai sarana baru dalam meningkatkan penjualan.

Instagram akun sosial media yang sangat populer dengan berbagai fitur yang dimilikinya sehingga ada ketertarikkan tersendiri bagi penggunannya. Jangan khawatir ternyata instagram bukan semata-mata bagian dari sosial media yang sebatas untuk chattingan dan berbagi kegiatan semata akan tetapi bisa sebagai bagian optimasi market dan peluang bisnis. Sederhannya membangun suatu bisnis baru atau mengembangkan bisnis dengan mencari calon buyer yang menggunakan Instagram.

Sudah sangat terbukti sekali bagaimana keampuhan Instagram dalam menggenjot penjualan produk -produk dari UMKM dan home industri lainnya. Dengan hal ini juga tidak menutup kemungkinan sobat juga dapat mengikutinya, baik untuk mengembangkan bisnisnya bahkan baru memulai bisnis.

Berbicara persolan terlambat belum ada, yang ada sobat akan melihat setiap kesuksesan orang-orang yang bagaimana mampu melihat suatu peluang baru ini.

Langsung saja pada tahapan pemula :

Langkah kongkrit…! mulai hari ini buat akun Instagram khusus bisnis, dan model nya juga ada. dalam hal ini pertama membuat akun  instagram, maka kaun  sobat masih berbentuk akun personal, akan tetapi bisa di update menjadi akun bisnis, caranya pun sangat mudah tingga sobat link kan akun personal sobat ke akun fanspage.

Baiklah berarti setelah sobat membuat akun Intagram, lanjut dengan membuat akun fanspage di sosial media facebook.

Cara Membuat Akun Instagram : 

  • Download Aplikasi nya pada play store :  “Instagram
  • Lakukan regristarsi/ Sign Up

www.humanislucu.com

” Mendaftar akun Instagram bisa via no phone dan email, bahkan langsung bisa sign up melalui akun facebook sobat yang sudah aktif.”

  • Mengisi biodata lengkapa terkait nama akun, karena akun intagram ini diperuntuhkan untuk bisnis, sobat bisa langsung membuat nama brand atau merek produk yang ingin sobat pasarkan /jual.
  • Penuhi semua syarat dan ketentuannya seperti biodata perusahan, brands dan merk produk sesuai peruntuhan tersebut, Alamat lengkap, photo profil dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya mengubah akun personal instagram menjadi akun bisnis, 

Sampai disini sudah paham kan , langkah selanjutnya tinggal sobat melakukan postingan konten, produk atau layanan jasa yang ingin ditawarkan kepada pengguna Instagram lainnya.

Sampai pada langkah terpenting bagaimana cara mendapatkan calon pembeli, dalam hal ini sobat perlu mengoptimasikan akun Instagram sobat.

Kita pelajari dulu pola bagaimana mendapat calon buyer ..?

  • Untuk mendapat kan profit disini sobat harus mempromosikan akun instagram sobat, caranya dengan mencari follower sebanyak-banyaknya. Pada dasarnya akun sobat baru brands, produk dan layanan belum banyak orang yang tahu, lantas bagaimana agar bisa memaksimalkan akun Instagram tersebut. ” Menfollow akun Instagram lainnya, yang diprediksikan akan juga mengikuti Akun Instagram Bisnis sobat, upayakan menfollow setiap hari sampai pada limit maksimal, harapan terbesarnya akun-akun yang difollow akan melakukan follback. Dimana nantinya akun-akun tersebut juga mengikuti akun sobat.  Pentingnya mereka harus mengikuti akun sobat karena, akun-akun tersebut akan dapat melihat semua aktivitas postingan yang dipublikasikan dari akun sobat, atau yang biasa disebut sebagai “followers”. [Lakukan selalu dengan konsisten].
  • Membuat Konten yang menarik, dalam menarik minat follower dan juga calon followers yang tadi sudah difollow, sobat juga harus memperhatikan betul terkait manfaat dan informasi yang dishare dari akun instagram sobat, agar menumbuhkan minat yang baik terhadap calon pengikut. Misalkan produk yang ditawarkan memiliki diskripsi yang lengkap, desain gambar yang menarik dan lain sebagainya.
  • Menggunakan “Hastag” Penggunaan hastag sangat penting pada penggunaan akun sosial media Instagram, apalagi Instagram sobat masih baru, Jadi gunakan Hastag populer dan berkaitan terkait konten yang diposting. Hastag merupakan pengelompokan konten terhadap pencarian di Instagram, pada hastag ini setiap konten atau postingan dikalsifikasikan  sesuai dengan yang dicantumkan pada setiap konten, tanda hastag [#].

Contohnya : #funny #lucu #populer #Baju #celana dan lainnya.

  • Interaktif, Merespon terkait postingan following, pada dashbord intagram sobat akan banyak muncul konten dari  following, ikut serta bereaksi yang postif, misalkan berkomentar dengan saling sapa, memberikan tanda love dan lain sebagainya, apa bila sudah dirasa memiliki hubungan baik secara sosial media dengan bebapa akun, maka sobat bisa juga ng TAG mereka setiap postingan sobat. Sangat penting membangun hubungan baik dengan pengguna instagram lainnya.
  • Saling Follow, sobat bisa melakukan DM, dan meminta atau mengajukan penwaran saling Follow.

Hal-hal sederhana ini bisa sobat lakukan setiap harinya. 

Jam Postingan dan juga jumlah postingan :

Dalam satu sehari usahakan memposting lebih dari 6 x konten, tinggal bagaimana cara mengatur waktu publikasi nya saja.

Memulai dari Pagi , bisa melakukan postingan jam 9-11 pagi, untuk 3 Postingan, erlajut pada jam 12 hingga jam 14.30 wib bisa dengan 2 postingan, berlanjut ke jam 18.00- 20.00 dengan  3 postingan dan terakhir bisa juga jam 2 pagi 2 postingan, kenapa ada jam 2 pagi juga, berharap ketika orang-orang bangun pagi yang biasa nya suka cek smartphone makanpostingan sobat kemungkinan besar dihalaman pertama akun dari follwers instagram sobat. Penting juga dalam melakukan pemilihan konten agar tidak jenuh, diman diatur kapan postingan yang memang berbau jualan langsung atau yang bias adisebut dengan “Hard Selling” dan dimana juga waktu untuk kita sedikit memberikan konten yang berbau informasi, edukasi bahkan hiburan dengan tetap menyisipkan jualan sobat atau yang dikenal sebagai “Soft Selling”.  optimalkan

Kemukinan besar mendapatkan orderan pertama :

www.humanislucu.com

Jangan pernah sia-siakan calon konsumen atau buyer sobat ketika sudah melakuka DM, bertanya tentang produk dan layanan yang sobat ajukan melalui Instagram, meskipun mereka sekedar bertanya selalu tunjukan dengan respon yang cepat dan tanggapan yang santun, yang paling penting ada informasi yang deatil sobat buat terkat pertanyaan terkat hal-hal general yang dikenal sebagai FAQ.

Misalkan :       Untuk produk yang ini ada warna lain gak ka ?

Gan lokasi jasa untuk ini daerah mana ya ?

Pertanyaan-pertanyaan yang mendasar seperti ini penting untuk sobat persiapkan jawabannya, kalau perlu sudah di buat FAQ tersebut, dalam hal ini akan membantu calon konsumen untuk mengetahui produk tersebut.

Memberikan penawaran istimewa atau khusus, sobat juga bisa mengiutin trands promosi dalam meningkatkan penjualan dengan aktif dengan hari-hari besar, seperti 17 Agustus,  maka sobat bisa buat penawaran khusus DISKON atau SALE, Cashback dan Free Ongkir.  [Penting diperhatikan untuk produk sekali pun ada penawaran khusus tetap sobat mendapatkan keuntungan banyak atau sedikitnya, atau memang sobat mau menggelontorkan dan promosi dengan cara seperti itu, merangkul calon konsumen agar bisa aktif dan respect terhadap brands dan produk sobat].

Hal sederhana yang bisa dilakukan , tetap konsisten, jangan lupa berdoa dan sedekah. Dan selalu bersyukur pada Tuhan  Maha Esa.

Semoga bermanfaat…!!!!!
Jangan lupa Bagikan kepada siapapun

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close
Close