Tips & Trik

Belajar Cara Membuat Blog Pribadi yang Profesional

Beberapa pertanyaan yang masuk ke gw, Bagaimana cara ngeblog ?, 

Tidak dapat kita pungkiri dan dipaksakan kalau misalkan ada yang masih belum paham bagaimana cara membuat dan mengelola Blog, tidak semua memiliki pengalaman yang sama di bidang Internet dan juga memang-memang menekuninya, bukan berarti mereka orang yang kurang pintar. Jangan khwatir orang mampu dan bisa itu jelas menikmati sebuah proses yang panjang dalam belajar dan mencoba mengaktulisasikan sedikit demi sedikit pemahaman yang mereka dapatkan.

Langkah Awal Membuat Blog  :

  • Menentukan Tema

Sebelum lebih jauh dan mendalam membahas sampai pada tataran teknis terkait pendalaman dan lainnya. Pastikan dulu tema  yang ingin diangkat dan lebih mendominasi pada konten yang akan disajikan, terkait dalam penentuan tema anda tidak usah berfikir hal yang jauh-jauh, apa yang rasanya anda akan siapan dan sedikit memahami terkait hal demikian, seperti anda sangat suka dengan bidang kesehatan dari pola hidup, asupan makanan yang bergizi itu apa saja. berarti tema yang lebih cocok tentang seputar dunia kesehatan, tips ringan dan sederhana yang anda akan ulasan nantinya. ketika anda sangat hobby dengan dunia kartun anda bisa angkat tema seputar dunia kartun, dari karakter kartun, ulasan film kartun, komik dan lain sebagainya.

Baca Juga : 

Jangan bawakan dalam keadaan yang membuat anda sulit dalam membangun ataupun memulai bagaimana impian anda secepatnya terwujud, dalam menyikapi penentuan tema ini, lebih mudah lagi kalau anda angkat sisi yang menjadi hooby, kecintaan dan hal-hal yang sering dilakukan yang nanti dengan sangat mudah dikemas dan bermanfaat bagi setiap pengunjungnya.

  • Menentukan Karakter

Dalam penyajian konten serta dari sisi lainnya, pada blog anda coba bangun sebuah karakter yang kuat agar blog anda memiliki sebuah sajian yang berbeda dari yang lainnya hingga menjadi sebuah identitas yang sangat muda dikenal, diingat dan juga dimengerti dengan mudah. Menonjolkan karakter ini sebenarnya ada dua sisi yang dapat terlihat :

  1. Dari sisi konten yang dimuat, seperti gaya tulisan, penggunaan kata maupun diksinya, dimana orang akan sangat cepat menangkap dengan konotasi yang bangun.
  2. Dari sisi tampilan Blog, baik dalam penentuan warna dan tata letak yang juga menarik menggugah serta juga navigasi menu yang praktis dan lebih memudahkan pengunjung anda nantinya.

Berbicara tentang karakter lebih identik dengan cira khas, membangun suatu ciri khas memang sangat tidak muda namun juga tidka telalu sulit, yang paling fondamental untuk mewujudkan hal ini adalah konsisten.

  • Menentukan Tampilan Blog

Seperti yang sudah disinggung sedikit diatas tadi, bagaimana dalam membuat tampilan yang sangat responsive, menarik dan juga sangat muda untuk di kases, dari menu-menu /Navigasi. Pada umumnya tampilan yang ada pada blog terdiri dari Tab menu, Tab Form saran, kolom post populer, post terbaru, kategori dan arsip, lebih bagus lagi kalau bisa ada live chatnya, agar terbuka diskusi antara pemilik blog dan pengunjung.

Sedikit berbeda kalau peruntuhan blognya pribadi atau lebih seperti portofolio, jadi bagusnya gimana ? saran gw giman selera masing-masing saja.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close
Close