ArtikelSoftware

Beberapa Format Video Yang Sering Digunakan Oleh Konten Creator.

Banyak Konten kreator bermunculan saat ini, begitu juga dengan karya terbaik mereka yang dipublikasikan melalui sosial media dan youtube. Dan hal apa yang mendasar sehingga banyak bermunculan konten kreator ? apakah profesi baru ini menjanjikan ?.

Dari pertanyaa tersebut bisa saja di iya kan, menjanjikan atau tidak bagaimana konsistensi dalam membuat konten dan mengelola akun dan channel nya.
Baiklah kita tidak sedang membahasa tentang peluang bisnis dan income di era digital saat ini. Kembali pada judul ” Beberapa Format Video Yang Sering Digunakan Oleh Konten Creator

  • MPG

MPG atau MPEG pernah menjadi penguasa dari segala video di rumah kamu lho. Dulu waktu era VCD masih menjamur di Indonesia, setiap file .DAT yang berada di dalam kepingan VCD merupakan sebuah video yang memiliki format MPEG 1. Selain VCD, MPG juga sering ditemukan di dalam DVD dan bahkan Blu-Ray sebagai ekstensi default video yang berada di dalamnya.

  • WEBM

Bagi yang belum tahu, WEBM kini juga telah menjadi salah satu format file video yang mulai tekenal di internet. Ia menggunakan format coding video VP8/VP9 dan audio Vorbis atau Opus sebagai standar codec. Untuk situs Indonesia, mungkin memang belum banyak yang menggunakan WebM sebagai format file video, akan tetapi di luar sana semenjak hadinrya HTML5, WebM semakin menjamur sebagai media standar file, baik itu untuk situs forum hingga situs berita. Sama dengan MKV, WebM memiliki kontainer yang bernama Matroska.

  • 3GP

Terkadang untuk format video yang satu ini sedikit populer bagi anda yang senang sekali mengkoleksi film-film tertentu di hape sobat. Jangan hiraukan sindiran tersebut, yang terpenting kualitas dari format video 3GP memang jauh berbeda secara kualitas gambar dan hasil gamabr yang ditampilkan, karena kapasitas atau size fil video pun juga kecil. Jadi jelas berbanding lurus dengan kualitas yang didapatkan.

  • MP4

Ini juga menjadi salah satu format file video terpopuler di dunia. YouTube menjadi website yang membuat MP4 semakin digdaya karena ia menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV), sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan. Perlu diketahui bahwa dulu YouTube menggunakan FLV sebagai ekstensi videonya, akan tetapi, semenjak mereka beranjak ke pemutar video HTML5, maka flash mulai ditinggalkan dan FLV menjadi kenangan.

Itu beberapa bentuk dari format video yang sering digunakan dan dicupai pada file video, meskipun banyak lagi yang belum bisa diulas lebih detail lagi.  Setidaknya pada pengenalan awal ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan ketika mau melakukan proses render pada vide yang sudah dilakukan proses editing, tinggal memilih format videonya saja, sesuai kebutuhan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
Close
Close